Ucapan Menyambut Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2022

Datangnya bulan suci Ramadhan bagi segenap umat Islam adalah sebuah kebahagiaan yang sangat luar biasa, Karena memang selain bulan yang sangat di mulyakan oleh Alloh S.W.T, Didalam bulan puasa tersebut memiliki makna, hikmah, keunggulan dan tentunya rahasia yang besar terdapat di dalamnya. Di antara rahasia besar tersebut adalah dua peristiwa penting yaitu malam Lailatul Qodar dan Malam Nuzulul Quran.

Dan tentunya jika di kaji lebih dalam tentang ucapan ramadhan 2022 dan kedua makna dari peristiwa tersebut bagi seorang muslim itu sangat teramat luara biasa, Karena tidak sembarang orang bisa mendapatkan atau di berikan keistimewaan dari malam yang lebih mulia daripada seribu bulan tersebut, Begitu juga dengan kejadian di turunkan Alquran itu merupakan sebuah karunia yang luat biasa bagi seorang muslim khususnya bagi bulan ramadhan itu sendiri.

Sehingga jika rasa gembira, suka cita dan bahagia ketika akan memasuki bulan ramadhan yang di rasakan oleh setiap individu umat muslim yang beriman itu adalah sesuatu yang sangat relevan dan luar biasa. Dikatakan demikian karena memang selain mengetahui akan besarnya pahala amalan yang di kerjakan selama satu bulan ramadhan penuh, juga melewati sababiyah keberkahan dari bulan ramadhan itu senantiasa segala dosa di ampuni baik yang sudah maupun ke depannya.

Ucapan Menyambut Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2022

Bahkan ada keterangan menyebutkan bahwa “barang siapa yang merasa gembira atas datangnya bulan suci ramadhan, maka di harankan jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh api neraka” meskipun keterangan ini banyak orang yang menjadikan sebagai hadis maudu’ kurang kuat untuk di jadikan sebuah dalil, Namun setidaknya itu menjadi landasan penting akan begitu hebatnya bulan suci ramadhan.

Hal yang sangat wajar dan lumrah selalu dilakukan oleh setiap muat islam beriman jika akan datang bulan suci ramadhan dengan mengapresiasikannya lewat berbagai karya, mulai dari kata-kata ucapan ramadhan, ucapan selamat ramadhan dan masih banyak lainnya sebagai wujud rasa suka cita yang tiada tara karena di pertemukan kembali dengan bulan yang agung bulan seribu keberkahan di setiap waktunya.

Lewat ungkapan kata-kata atau ucapan ramadhan tersebut selasih harapan doa kian terwujudkan, sehingga hamparan amal ayng senantiasa akan di kerjakan pada bulan tersebut bisa termotivasi dengan ada dan hadirnya biuih-buih doa yang terpanjatkan lewat kata-kata dan doa tersebut, karena kekuatan yang sesungguhnya bagi setiap umat muslim adalah doa dan niat yang begitu sempurna dan paripurna, berikut salah satu contohnya .

Ucapan Ramadhan Bahasa Indonesia

“Marhaban ya Ramadan, bulan suci kembali tiba. Saat tepat menyucikan diri dari segala dosa. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Setetes embun di pagi hari jatuh di atas bunga melati. Di bulan suci ini, inilah waktunya untuk memperbaiki diri. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Ketika datang bulan Ramadan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Tak ada kata seindah zikir. Tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf, untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka, serta sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Tidak ada kemenangan tanpa mengingat Tuhan. Tidak ada pahala tanpa keikhlasan. Tidak ada ampunan jika tiada maaf dari sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Air tidak selamanya jernih, demikian juga ucapanku. Salju tidak selamanya putih, demikian juga dengan hatiku. Langit tidak selamanya biru, begitu juga hidupku. Jalan tidak selalu lurus, demikian juga langkahku. Jika maaf tidak bisa didapat hari ini, untuk apa menunggu besok? Sementara jantung kita pun tidak selamanya berdetak. Marhaban ya Ramadan, mohon maaf atas segala kesalahan dan khilaf. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Hidup ini hanya sebentar, sebentar marah, sebentar tertawa, sebentar berduit, sebentar bokek, sebentar senang, sebentar susah oh iya, sebentar lagi puasa. Met menyambut Ramadan ya, mohon maaf lahir batin.”

“Berbuka tidak harus selalu dengan mewah. Bersahur tidak harus selalu dengan mahal. Berdoa tidak harus selalu dengan diucap. Ibadah harus selalu dengan tata cara. Semoga kita selalu berada dalam bimbinga-Nya, selamat menunaikan ibadah puasa 2022/1443 H.

“Selamat menunaikan Ibadah Puasa 2022. Napas pun menjadi tasbih, tidur pun menjadi ibadah. Amal diterima dan doa-doa dijabah, semoga kita pun mendapat berkah.”

“Menjelang bulan Ramadan yang mulia semoga kita mampu menahan diri dari segala perkataan atau tindakan yang menjauhkan diri dari tujuan ideal menjadi orang yang bertakwa, selamat puasa ya.”

“ Melaksanakan dengan sepenuh hati. Menyambut dengan menyentuh hati. Menjalankan dengan kesucian hati. Semoga cahaya Ramadan kita dapati dengan rahmat illahi. Selamat melaksanakan Ibadah Puasa pada bulan Ramadan tahun ini.”

” Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan.”

” Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan.”

“Sucikan hati, sucikan jiwa dan bersihkan pikiran. Marhaban Ya Ramadan. Selamat berpuasa.”

“Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Bulan suci kembali tiba, Alhamdulillah. Kesempatan datang kembali dan momen yang tepat menyucikan diri dari segala dosa. Tanpa basa basi, mohon dimaafkan segala kesalahan.

“Dalam hitungan jam kan kita jelang waktu berbuka. Sehari menjalankan puasa tak terasa, Apabila dilaksanakan untuk ibadah kepada yang maha kuasa, tak masalah berbuka ataupun sahur asalkan ikhlas semoga pahala berlipat ganda. Selamat menjalankan Ibadah Puasa 2022/1443 H.”

Ucapan Ramadhan Bahasa Arab

“Ramadan karim ‘alaik wal ‘ailah. (Selamat Ramadan untukmu dan keluarga.)”
“Ramadan mubarak, mubarak ‘alaikumusy syahr. (Ramadan penuh berkah. Semoga bulan ini penuh keberkahan untukmu)”

“Ramadan karim, taqabbalallah minna wa minkum as-siyam wal qiyam wa salih al-a’mal. (Ramadan bulan mulia. Semoga Allah menerima puasa, salat, dan amal salih kami dan juga kalian)”
“Marhaban ya Ramadan, kullu sanah wa antum tayyibun. (Semoga setiap tahun kalian dalam keadaan baik dan sehat)”

“Ramadan mubarak, ya’id ‘alaikum bisihhah warrahmah wa almaghfirah. (Ramadan penuh berkah. Semoga Ramadan kembali pada kalian disertai dengan kesehatan, rahmat, dan ampunan)”

“Daeuna nzf qalbik waruhik waqam bi’iizalat alkhatiyat min jasdik waeaqalak.
(Mari bersama bersihkan hati, jiwa, dan hilangkan dosa dari dalam tubuh dan pikiran kita)”

“Kalimat altasamuh walsalat aljayidat namal ‘an tahmi jmye ‘afrad ‘ayilatik fi hadha alyawm aljayd
“(Berbagai kata maaf dan doa baik semoga melindungi semua keluargamu di hari baik ini)”

“Salaa Allah’alaa hayatik bisi’adat waftah albab linajah bayn alhin walakhira
(Semoga berkah Allah menghiasi hidupmu dengan kebahagiaan dan membuka pintu sukses saat ini dan seterusnya)”

Ucapan Ramadhan Bahasa Inggris

“Ramadan is the proof of love, in every space and time that multiply multiply, submission is love, virtue is love, and arranging more mature life is love. Ramadan, when giving special meaning to our love. We have together hopefully later we will be met by him survived Ramadan.”

(Ramadan adalah pembuktian cinta, pada setiap ruang dan waktu yang berpuluh-puluh berlipat ganda, ketundukan adalah cinta, kebajikan adalah cinta, dan menata hidup lebih dewasa adalah cinta. Ramadan, saat memberi makna istimewa pada cinta kita. Kita telah bersama semoga kelak kita dipertemukan olehnya selamat ramadhan.)

“Tomorrow is the hope now is yesterday’s experience is a memory that did not escape the mistake of apologizing inward and inward, hopefully this time Ramadan is better than last year’s Ramadan.”

(Esok adalah harapan sekarang adalah pengalaman kemarin adalah kenangan yang tak luput dari kekhilafan mohon maaf lahir dan batin, semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadan tahun lalu.)

“Star the drive season of Ramadhan with a heart filled with love and peace, wishing that Allah forgive us for our wrongdoings. Let this 30-day of Ramadhan be the star of our repentance and enlightenment.”

(Membintangi musim berkendara Ramadan dengan hati yang dipenuhi dengan cinta dan kedamaian, berharap bahwa Allah mengampuni kita untuk kesalahan kita. Biarkan 30 hari Ramadhan ini menjadi bintang pertobatan dan pencerahan kita.)

“As soft as dew in the morning, look up ten fingers, say hello sincerely, let us together fix themselves, in the month of the holy month of Ramadan.”

(Selembut embun dipagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, mari kita bersama memperbaiki diri, di bulan ramadan bulan yang suci.)

“Eleven months the word has been uttered and catapulted not all cooled eleven months many behaviors that have been created and created not all the fun eleven months many complaints, hatred, lies become part of self let’s forgive, apologize and unseen. survived ramadan in full moon this forgiveness.”

(Sebelas bulan kata sudah di ucapkan dan dilontarkan tak semua menyejukkan sebelas bulan banyak perilaku yang sudah dibuat dan diciptakan tak semua menyenangkan sebelas bulan banyak keluhan, kebencian, kebohongan menjadi bagian dari diri mari kita memaafkan, mohon maaf lahir dan batin selamat Ramadan di bulan yang penuh ampunan ini.)

“Face all insults with a smile because ramadhan is a month of forgiveness, survived Ramadan.”

(Hadapi segala hinaan dengan senyuman karena ramadhan adalah bulan pengampunan, selamat Ramadan.)

“Ramadhan is the month in which was sent down the Qur’an, as a guide to mankind, also clear Signs for guidance and judgment between right and wrong. So everyone of you who is present during that month should spend it in fasting.”

(Ramadan is the month in which was sent down the Qur’an, as a guide to mankind, also clear Signs for guidance and judgment between right and wrong. So everyone of you who is present during that month should spend it in fasting.”

“The longing for the holy month of Ramadan is immediately remedied. Soon the month of Ramadan comes. Forgive my sins and may we always be in the abundance of your grace.”

(Kerinduan pada bulan suci ramadhan kan segera terobati. Tak lama lagi bulan Ramadan kan tiba. Ampunilah segala dosa hamba dan semoga kami selalu berada dalam limpahan rahmat-mu.)

“May Allah bless you and protect you from the sins. May peace, joy, and hope be filled in your house. Have a blessed Ramadan.”

(Semoga Allah memberkati kamu dan melindungi kamu dari dosa-dosa. Semoga kedamaian, sukacita, dan harapan dipenuhi di rumah kamu. Miliki Ramadan yang diberkati.)

“In this Holy Month of Ramadhan, may you be blessed with Good health, prosperity and may Allah’s blessings always shine upon you and your family.”

(Di Bulan Suci Ramadan ini, semoga kamu diberkati dengan kesehatan yang baik, kemakmuran dan semoga rahmat Allah selalu bersinar bagi kamu dan keluargamu.)

Ucapan Ramadhan Bahasa Sunda

Bersih galih nu dipamrih jembar mana nu diseja mugi agung cukup lumur neda kana samudaya kalepatan lahir tumakaning batin, wilujeng boboran Siam.

Wilujeng boboran Siam 1443 H. Minal aidn wal faizin. Mugi barokah Ramadhan nuyun lakuning lampah urang dina enggoning nyorang sawelas sasih anu bakal karandapan.

Niti wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama, nyucikeun panyakit ati, balik diri kanu suci hapunten samudaya kalepatan lahir sinareng batin. Wilujeng boboran Siam.

Ngeunteung na raga katineung, nyaliksik diri ngarampa dada bari reureuh milang dosa, breh bula pangharepan geus lekasa poe fitri nembongan. Neda sihapunten.

Kedaling rasa nu pinuhku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meunpeung wanci can mustari.

Taya basa nu bisa direka, taya saur nu bisa jadi panjajap catur, lintang ti kedalna ucapan ‘Wilujeng boboran Siam’ neda dihapunten lahir tumekanin batin.

Sugrining runtah kalepatan dina manah, nyeri peurihna ati sanubari, mugia lubar ku silahturahi. Wilujeng boboran Siam 1443 H. Taqobalallahu minaa waminkum.

Kedaling rasa nu pinuhku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari.

Wening galih nu diparih, jembar mana nu dipilampah. Wilujeng bobotan Siam 1443 H, kalayan neda panapunten tina samdayaning kalepatan.

Mugi cukup lumur jembar pangampura bilih aya bobo sapanon carang sapakan neda dihapunten samudaya kalepatan hapunten nu kasuhun.

Bilih kantos kasisit kana ati, kapancah kalengkap ucap, kajenggut kababuk catur, tawakufna nu kasuhuhn. Hapunten sadaya kalepatan. Wilujeng boboran.

Bilih aya tutur saur kaukur, reka basa nu pasalia, laku lampah nu teu merenah, wilujeng boboran Siam neda sih hapunten tina samudaya kalepatan lahir sinareng batin.

Sadaya jalmi tiasa ngiring Lebaran, tapi teu sedaya jamli tiasa ngiring Idul Fitri, mugi urang kalebet jalmi nu tiasa ngiring Idul Fitri, wilujeng boboran siam 1443 H. Hapunten samudaya kelapatan.

Sugrining runtah kelepatan dina manah, nyeri peurihna ati sanubari, mugia lubar ku silahturahmi. Wilujeng boboran Siam 1443 H. Taqqobalallahu minna waminkum.

Ucapan Ramadhan Bahasa Jawa

Kanthi angslupe srengenge ono ing kulon Kanthi ugi pohing Syaban iki Wektune sakiki meh mlebu sasi poso Wulang ramadhan ingkang berkah Derek agunging pangaksami Nopo ingkang sampun kelampahan Ing Ramadan iki mugi tansah pinaringan kiat Anggone netepi wajibe poso Marhaban ya Ramadan

Manah ora iso ngapusi Ilat kaku olehe matur Awak sajakke kesel nondokne wes tuwo Soko WA iki aku jaluk dingapuro Nopo mawon ingkang klentu Mugi tansah pangapuro ing wayah mlebu sasi poso iki. Amin

Mangan jajanan cacahe pitu Rikala menyang Pasar Nongko Tuku klepon pas karo mlaku Romadhon teko podo jaluk’o pangapuro Wes setahun ora keroso Ramadhan wis dang balik maneh maring kito Muga-muga sing wes keliwat lan dilakoni Dadekake kebecikan nyambut wulan suci iki Marhaban yaa ramadhan Nderek pangapurane lahir tuwin bathin

Sugeng rawuh kanthi cepet uji sedherek, muga-muga ing wulan rahayu iki kita njaluk pangaksama saka panjenengane lan bakal ketemu ing wulan ramadan mbesuk

Marhaban ya ramadan sadulurku kanthi iman, nyiyapake dhewe kanggo nindakake ibadah kanggo njaluk berkah lan pahala ing wulan suci iki

Marhaban ya ramadan sadulurku, wulan ramadan liyane bakal teka. Nyiapake fisik lan spiritual kanggo nindakake ibadah sajrone sewulan kanggo entuk berkahe Gusti Allah SWT.

Itulah salah satu baitan Ucapan Menyambut Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2022 semoga menjadi sebuah rubrik apresiasi jiwa dan diri ketika akan datang bulan yang sangat istimewa dengan segala keharibaan dan kemulyaan yang terdapat di dalamnya, sehingga makna terdalam dari semua keberkahan bulan suci ramadhan bisa di rasakan oleh setiap umat muslim yang beriman. Aamiin…