Tata Cara Bacaan Niat Doa Mandi Puasa Ramadhan Arab Dan Latin

Menjelang ramadhan tiba yang sudah di tunggu-tunggu oleh setiap umat islam di dunia sudah barnag tentu banyak persiapann penting ketika akan menyambutnya. Sudah di pastikan rasa bahagia dan gembira yang di rasakan oleh setiap individu umat muslim ini adalah bentuk yang terpancarkan dari begitu antusiasnya dalam menyambut kedatangan bulan suci ramadhan tidak terkecuali untuk umat muslim di tanah air.

Salah satu dari wujud rasa bahagia tersebut adalah mempersiapkan diri untuk bisa khusuk dalam beribadah saat akan memasuki bulan ramadhan. dengan aktifitas bersih-bersih rumah dan membersihkan diri yang biasa di laksanakan satu hari sebelum menjelang bulan puasa tiba atau istilah paling populer di Indonesia ini adalah hari munggahan yaitu satu hari yang kesekonnya sudah masuk pada bulan ramadhan.

Termasuk niat mandi puasa ramadhan yang di kerjakan pada hari tersebut mau di pagi, siang maupun di sore harinya. Bahkan sudah menjadi sebuah tradisi khususnya bagi umat Islam di Indonesia, melaksanakan aktifitas bersih-bersih diri atau mandi sunah ramadhan itu merupakan bentuk dari rasa syukur akan di pertemukannya kembali dengan bulan yang agung, bulan penuh dengan ampunan bulan yang sangat mulia.

Tata Cara Bacaan Niat Doa Mandi Puasa Ramadhan Arab Dan Latin

Meskipun menurut keterangan yang bersumber dari kalam Ulama itu tidak ada kesunahan dalam melaksanakan mandi sebelum bulan puasa, akan tetapi jauh lebih baik adalah mandi di setiap malam puasa ramadhan. Namun tidak ada salahnya apabila dengan mengerjakan mandi sunah ramadhan tersebut dikerjakan oleh seorang muslim, Hal ini sebagai bentuk persiapan diri ketika dan saat masuk pada bulan puasa pada keesokan harinya.

Tata Cara Mandi Sunnah Ramadhan
Pada kaifiat atau tata caranya mandi tersebut tidak jauh berbeda dengan mandi pada umumnya atau seperti mandi wajib, Namun sebelum mandi itu di berlangsungkan, maka di sunnahkan untuk membersihkan sesuatu yang ada pada tubuh terutama pada bagian lubang-lubang yang biasanya sering lupa untuk di bersihkan, dan jangan lupa untuk menjaga kualitas dan ukuran air tersebut agar tidak menjadi sesuatu yang Musta’mal.

Niat Doa Mandi Puasa Ramadhan Arab

نَوَيْتُ الغُسْلَ لِدُخُوْلِ رَمَضَانَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin ” Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.”

Artinya : “Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Perlu di ingat dan di garis bawahi bahwa tidak ada keharusan mandi besar sebelum masuk bulan puasa. Mandi besar (mandi wajib karena hadats besar ) wajib dilakukan setiap saat ketika seseorang hadats besar (misal junub, haid atau nifas) dan akan melakukan ibadah yang disyaratkan suci dari hadats, misal shalat dan thawaf. Sehingga saat memasuki bulan romadlon seseorang tidak harus mandi besar dahulu, jika ia tidak berhadats besar.

Dan kami belum menemukan referensi yang menjelaskan disunnahkannya mandi menjelang masuknya awal puasa ramadhan, yang ada di kitab-kitab fiqih, justru di dalam bulan romadlon itu sendiri yang disunahkan mandi setiap malam, waktunya mulai terbenamnya matahari / maghrib sampai terbitnya fajar shodiq / subuh:

.و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة____ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك. الباجوري ١/٨١ و من الأغسال المسنونة غسل العيدين____ولكل ليلة من رمضان معطوف على للاعتكاف أى و من الأغسال المسنونة الغسل لكل ليلة من رمضان قال في النهاية و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والأوجه الأخذ بإطلاقهم قال ع ش و يدخل وقت الغسل بالغروب و يخرج بطلوع الفجر. إعانة الطالبين ٢/٧٢

Keterangan ini menguatkan beberapa waktu dan jenis mandi yang masuk pada kategori mandi sunah menurut Islam, Lalu bagaimana hukum dari pada mandi sebelum bulan puasa? Jika melirik keterangan di atas tadi bisa dikatakan mandi sebelum puasa itu hukmnya mubah, namun bisa saja jadi sunat bahkan bisa pula jadi wajib tergantung pada prospek dari pengaruhnya terhadap amalan ibadah lainya.