Teks Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti dan Keampuhannya

Salah satu amalan yang di anjurkan bagi umat islam adalah memperbanyak membaca sholawat terhadap baginda Rasululloh S.A.W, karena jaminan pasti bagi setiap umat muslim yang bersholawat adalah mendapatkan Syafa’at dari baginda Nabi nanti di hari akhir, Untuk itu sangat di anjurkan dalam amalan keseharian. Bahkan ada beberapa keistimewaan yang di miliki oleh sholawat Nariyah itu sendiri.

Shalawat nariyah disusun oleh Syekh Nariyah sebagai salah satu bentuk pujian kepada Allah SWT dan meskipun beberapa pihak menyangsikannya, membaca sholawat nariyah tetaplah diperbolehkan. Shalawat ini ditujukan untuk memuji Rasulullah SAW atas segala upayanya menyebarkan ajaran agama islam serta menegakkan tauhid saat itu, dengan berharap keberrkahan yang tertanam pada setiap bacaan sholawat nariyah itu bisa di rasakan.

Sebagai wujud cinta yang begitu mendalam terhadap sosok seorang pemimpin umat seperti Baginda Rasululloh S.A.W adalah dengan selalu senantiasa membacakan sholawat kepadanya dan ke keluarga serta sahabatnya. Sebab makna yang tersirat dalam kandungan sholawat tersebut hakikatnya adalah rahmat yang senantiasa Alloh S.W.T berikan kepada hambanya ketiak hamba tersebut membacakan bacaan sholawat.

Teks Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin Arti dan Keampuhannya

Nilai daripada sanjungan dan fujian terhadap kemuliaan daripada akhlaq seorang Nabi itu tercurahkan lewat lantunan-lantunan indah sholawat seperti yang ada pada baitan. Dimana secara pemaknaan arti akndungan daripada lapadz yang ada pada sholawat nariyah itu adalah memohon kepada Alloh S.W.T dengan washilah atau perantara kemuliyaan Baginda Rasul.

Meskipun tidak sedikit golongan yang berpendapat itu adalah perkara yang bid’ah atau tidak ada dari Rasulnya, bahkan lebih parah lagi ada golongan yang menghukuminya itu adalah salah satu bagian syirik. Akan tetapi jika dikaji secara mendalam baik dari segi lapadz maupun rangkaian dari keterkaitan antara lapadz satu dengan lapdz yang lainnya itu, unsur daripada perbuatan syiriknya itu tidak ada.

Nah disinilah pentingnya mengkaji secara mendalam tentang arti dan tujuan daripada rangkaian sebuah kalimah, jangan hanya mengartikan secara harfiyyah saja karena itu justru akan membuat perpecahan bagi umat. Selama pengamalan daripada pelaksnaaan sebuah ibadah itu tidak keluar dari koridor agama, maka itu hukumnya sah-sah saja, apalagi ini adalah sholawat yang secara pengucapan dan penghayatannya itu sangatlah di anjurkan oleh agama.

Sebab yaqinilah apa yang dibuat oleh para Ulama sebagai pewaris tahta dari perjuangan Rasul itu adalah bagian terpenting dalam cara mendekatkan dan mengenal diri terhadap sang kholiq bagi semua ummat. Termasuk dari makna yang ada pada rangkaian sholawat nariyah tersebut yang jauh lebih mengutamakam sisi martabat kemulyaan seorang nabi sebagai perantara untuk meraih keistimewaan di hadapan Alloh S.W.T.

Dan perlu diketahui bahwa salah satu pengarang daripada sholawat nariyah ini adalah Ulama besar yang bernama Syaikh Ibrahim at-Taaziyy al-Maghribiy sebagaimana yang dikatakan oleh al-Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa dalam penjelasannya. Adapun untuk teks bacaan sholawat nariyah sendiri sebagaimana diketahui bersama itu seperti apa yang tertulis dibawah ini.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin: “Allahumma sholli sholaatan kaamilatan Wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa’iju Wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shahbihi ‘adada kulli ma’luumin laka”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Baginda kami Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, dan kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang engkau miliki.”

Teks bacaan sholawat nariyah lirik mp3 youtube jefri al buchori arab latin arti dan keampuhannya adalah bagian dari bacaan shalawat fujian terhadap kecintaan atas baginda Rasululloh S.A.W untuk kita semua.