Teks Arab Doa Untuk Mendapatkan Haji yang Mabrur Ucapan Artinya

Bagian dalam pelaksanaan amalan ibadah adalah Doa, termasuk ketika ingin mendapat sebuah harapan istimewa bagi setiap umat muslim di dunia ketika melaksanakan ibadah hajji. Dimana titel haji mabrur atau yang haji yang baik itu bisa di dapatkan meskipun hal tersebut di lihat dari segi beberapa aspek di antaranya mampu melaksanakan rukun haji, wajib haji, menjauhi pembatalan haji juga dari syarat-syarat yang masuk pada kategori seorang mulsim sudah nisab untuk menunaikan ibadah haji.

Dari pada itulah bukan hal yang wajar saja akan tetapi berharap pulang dari kota suci mekkah itu di sebut dengan haji mabrur merupakan salah satu titik pencapaian dan harapan doa haji mabrur bagi semua umat muslim, apalagi jika mampu sampai pada titel haji maqbul atau haji yang di terima dari semua amalan ibadah haji. meskipun hal tersebut hanya urusan dari sang maha Khalik Allah S.W.T. semua mahluk tidak ada yang mengetahui apakah hajinya termasuk pada haji mabrur dan makbul, maka berdoa adalah sebuah harapan yang paling real.

Lalu bagaimana dengan lapadz ataupun teks arab doa ingin mendapatkan haji mabrur bahkan dengan artinya? Banyak sekali keterangan dari kitab-kitab Ulama yang bersumber pada Al quran dan Alhadits yang menerangkan akan pentingnya sebuah doa bagi seseorang yang akan melaksanakannya. Karena doa merupakan senjata terbaik bagi seorang Muslim, maka dari banyak-banyaklah berdoa.

Teks Arab Doa Untuk Mendapatkan Haji yang Mabrur Ucapan Artinya

Sudah menjadi kewajiban bagi sesama umat ,muslim untuk bisa saling mendoakan satu sama lain termasuk diantaranya mendoakan mereka yang akan melaksanakan ibadah haji. Dimana biasanya doa yang terselubung dan yang terpanjatkan pada saat itu adalah untuk mendoakannya supaya mendapatkan sebuah penghargaan yang istimewa darri Alloh S.W.T yaitu hajji yang mabrur, hajjah mabrurroh dan maqbul serta maqbulloh.

Karena secara pengertian baik dari lapada dan tujuan dari kalimat tersebut adalah adanya pelaksanaan yang paripurna ketika melaksanakan semua amalan yang berkaitan langsung dengan tata cara ibadah hajji berikut dengan haji mabrur dan maqbul tersebut. Bahkan titel seseorang haji yang mabrur dan maqbul itu sebuah harapan dan tujuan utama serta paripuran bagi setiap individu muslim di dunia.

Akan perannya dari itulah maka penting dan patut kiranya apabila kita semua segenap umat muslim turut mendoakan dengan doa-doa shahih yang sudah ada dari Rasulnya. Karena selain sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim, mendoakan saudara-saudaranya tersebut adalah bagian penting daripada adanya persaudaraan dan solidaritas tinggi antara umat islam yang memang menjadi tujuan daripada hakikat dari ikhwanul islam wal muslimin.

Karena memang jika dilihat dari segi kacamata dzahir terdapat salah satu ciri-ciri orang yang mendapatkan predikat hajji mabruru tersebut yang tentunya tidak lepas dari tujuan daripada ibadah hajjinya, Yakni cara yang pertama adalah memastikan niat berhaji semata-mata karena Allah. Sebagaimana yang tersiratkan pada keterangan dalam Al quran yang artinya “Sempurnakan niat haji dan umrohmu semata-mata karena Allah,”

Dan yang kedua, perjalanan haji dengan biaya yang halal serta Yang ketiga, melaksanakan syarat dan rukun haji. Tahu tata cara tawaf, wukuf sesuai dengan aturan sesuai Al-Quran. Sebab “Haji mabrur tidak ada balasannya, selain surga. Ini diriwayatkan Bukhori dan Muslim. Hadits sahih,”. Begitulah pandangan Ulama yang menyebutkan tanda-tanda dzahir dari seorang hajji yang mabrur.

Sebagaimana yang telah di terangkan oleh Baginda Rasululloh S.A.W tentang tanda-tanda dari seorang hajji yang mabrur diantaranya: Pertama, santun dalam bertutur kata (thayyibul kalam), Kedua, menebarkan kedamaian (ifsya’us salam). Ketiga, memiliki kepedulian sosial yaitu mengenyangkan orang lapar (ith‘amut tha‘am). Berikut redaksi dari sebuah hadits shahih yang menerangkan:

سئل النبي ما بر الحج قال إطعام الطعام وطيب الكلام وقال صحيح الإسناد ولم يخرجاه

Artinya, “Rasulullah SAW ditanya tentang haji mabrur. Rasulullah kemudian berkata, ‘Memberikan makanan dan santun dalam berkata.’ Al-Hakim berkata bahwa hadits ini sahih sanadnya tetapi tidak diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.” Dan berikut doa untuk haji yang mabrur.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا

Artinya: “Semoga Allah menganugerahkan haji yang mabrur, usaha yang disyukuri dan dosa yang diampuni”

Berikut ini adalah doa supaya ibadah haji yang dijalankan menjadi haji mabrur;

Allahumma ballighna Makkata wal Madiinata wal ‘Arafata wa Rzuqnal hajjal mabruuro wardha ‘anna wahgfirlanaa warhamnaa Anta Maulaana fanshurnaa ‘Alal qoumil Kaafiriina

Artinya: “Ya Allah perkenankanlah kami untuk sampai/hadir ke Mekkah, Madinah, dan Arafah, dan berikanlah kami rezeki menjadi Haji Mabrur, dan ridhailah kami, dan ampunilah kami, dan sayangilah kami. Engkaulah kekasih kami, maka tolonglah kami atas golongan orang orang kafir.” Aamiin…

Teks arab doa untuk mendapatkan haji yang mabrur ucapan artinya seperti allahumma hajjan mabruran adalah ucapan selamat doa pulang ibadah haji yang berikut doa sesudah adzan itu amalan terbaik bagi kita semua.