Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Kumpulan Teks Latin Lengkap

Banyak amalan penting bagi setiap umat islam dalam menjadikan rutinitas dan aktifitas seharinya sebuah makna hidup yang bernilai ibadah, Di antaranya adalah mengamalkan sebuah bacaan sholawat yang memang sangat di anjurkan bahkan di perintahkan oleh Agama. Karena terdapat jaminan pasti bagi siapa saja orang Mukmin yang selalu mengisi waktu senggangnya dengan bersholawat atas nabi Muhammad S.A.W.

Sebab sebagai umat yang sangat mencintai Nabi, maka dalam mengisi waktu dan kepadatan aktivitasnya di isi dengan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh agama. Salah satunya dengan sering membacakan sholat kepada baginda Nabi Muhammad S.A.W. dengan seringnya kita membacakan bacaan sholawat itu, maka akan menjadi sebuah jaminan bagi kita semua nanti di hari qiyamah di akui sebagai umat Nabi.

Untuk itulah amalan ini sangat baik sekali untuk di lakukan bagi setiap orang muslim, Bahkan tidak hanya untuk kalangan umat manusia saja, adanya perintah untuk membacakan sholawat nabi juga senantiasa di perintahkan oleh Alloh S.W.T kepada para malaikat untuk bersholawat kepada nabi Muhammad beserta pada keluarganya. Sebagaimana keterangan yang menyebutkan akan perintahan tersebut.

Secara pengertian sholawat merupakan bacaan yang berisikan fujian terhadap nabi, dan makna dari pada sholawat tersebut itu sangat tergantung pada siapa yang membacakannya, Jika datangnya dari Alloh S.W.T maka makna sholawat itu adalah rohmat, Namun jika datang dari para malaikat itu namanya istighfar dan jika datang dari seorang mukmin, maka sholawat itu mengandung doa yang secara hakikatnya itu kembali kepada orang yang membacakan sholawat tersebut.

Gambar Sholawat Nabi

Sebab Nabi merupakan satu-satunya makhluq Alloh S.W.T yang telah di jaga dari hal-hal yang tercela dan penuh dengan rahmat dari Alloh S.W.T. Maka, barang siapa yang membacakan sholawat kepada nabi, maka keberkahan dari sholawat tersebut akan kembali lagi kepada orang yang membacakannya. Karena meskipun tidak ada seorang pun yang membacakan sholawat, maka Nabi tetap akan dijaga dan di penuhi oleh Rahmat Alloh. S.W.T.

Dari cara pemahaman baik itu di ambil secara penerjemahan bahasa indonesia latin, arti dan juga khasiatnya, makna sholawat jauh akan lebih luas lagi jika di banding hanya sekedar bacaan saja. Untuk itulah salah satu contoh terbaik dalam membaca sholawat adalah sesuai dengan ketentuan yang berjalan pada sebuah dalil dan keterangan yang shahih, salah satunya membaca sholawat nabi di waktu tertentu seperti di hari jumat sesuai dengan hadist tentang yang membahas tentang semua itu.

Adapun dalilnya sebagai berikut:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” Q.S Al-Ahzaab: 56

Maka pantaslah jika bersholawat itu sangatlah di anjurkan sekali bagi setiap umat muslim, karena didalamnya mengandung beberapa hikmah besar, diantaranya shalawat merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah, Mendapatkan 10 kali shalawat dari Allah bagi yang bershalawat sekali untuk beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Diharapkan dikabulkannya do’a apabila didahului dengan shalawat tersebut.

Shalawat juga merupakan sebab mendapatkan syafa’at dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika ketika mengucapkan shalawat diiringi dengan permohonan kepada Allah agar memberikan wasilah (kedudukan yang tinggi) kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Kiamat, Shalawat merupakan sebab diampuninya dosa-dosa serta Shalawat merupakan sebab sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab orang yang mengucapkan shalawat dan salam kepadanya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

Adapun bacaan teks sholawat sendiri itu memang banyak sekali, namun sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh ulama ahli sunnah dengan hadits shahih bahwasannya bacaan sholawat itu yang sering dibacakan oleh Nabi dan para shahabatnya adalah sholawat ibrohimiyah, berikut bacaan dan artinya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha mulia. Ya Allah, berikanlah berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Maha-mulia.”

Keutamaan membaca shalawat
Keutamaan membaca shalawat nabi sangatlah luar biasa. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak.)” (HR an-Nasa’i).

Contoh Sholawat Pendek

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi.
Artinya: Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi” keterangan. Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam no. 60. Syaikh Al Albani mengomentari bahwa hadits ini shohih.

Contoh sholawat latin pendek lainnya.

“Allohumma sholli ’sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaamman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil qurobu wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunalu bihir roghooibu wa husnul khowaatimu wa yustasqol ghomamu biwajhihil kariem wa ‘ala aalihi wa shohbihi fie kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’lummin lak”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau”.

Fadhilah / Keunggulannya
Sholawat Nariyah merupakan salah satu sholawat yang mujarab. Sholawat nariyah juga disebut sholawat Kamilah/Sholawat Tafrijiyyah. Diantara fadhilahnya:
1. Dapat melancarkan rizqi ( baca sholawat nariyah 11X setiap hari)
2. Kalau punya hajat dapat tercapai hajatnya ( dibaca 100X setiap hari )
3. Dapat dibaca setiap habis sholat ferdlu sebanyak 11X secara rutin atau 41 atau 100 kali menurut kemampuan kita.
4. Jika seseorang punya hajat yang besar agar benar-benar sukses dan tercapai secara gemilang , maka bacalah sholawat nariyah sebanyak 4444X (empat ribu empat ratus empat puluh empat kali) lalu mohon dikabulkan hajatnya, maka insya Allah dapat berhasil.

Dan tentunya masih banyak bacaan sholawat nabi muhammad SAW kumpulan teks latin lengkap lainnya sebagaimana inti dan tujuan daripada isi sholawat tersebut sesuai dengan anjuran, hikmah juga keberkahan yang mengalir di balik bersholawat atas baginda Rasuululloh S.A.W.