Hikmah Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis Keutamaan Menurut Islam

Terdapat hikmah dan fadhilah tertentu di balik pelaksanaan ibadah sunat seperti puasa senin kamis ini, Dimana tidak hanya sebatas amalan saja, namun terdapat satu keunggulan pasti bagi mereka yang mendawamkan dan secara konsisten ataupun dalam istilah agamanya itu Istiqomah di setiap minggunya untuk melaksanakan ibadah sunat tersebut kecuali di hari-hari tertentu yang memang di haramkan untuk berpuasa yang secara kebetulan jatuh pada hari senin ataupun hari kamis.

Adalah anjuran untuk bisa melaksanakan sebuah amalan sunnat bagi setiap individu muslim merupakan bagian dari ajaran baginda Rasululloh S.A.W yaitu berpuasa di hari senin dan hari kamis. Meskipun termasuk pada amalan sunnat, namun hikmah dan keunggulan dari pengamalannya itu sangatlah besar terutama dalam menemukan sebuah tujuan hidup dan mempermudah dari segala hal, dengan keberkahan dari pengamalannya itu senantiasa mengalir pada jiwa seorang muslim.

Sebuah alasan pun menjadi tajuk berikutnya mengapa puasa tersebut di tentukan pada dua hari yaitu senin dan kamis, tidak hari-hari lainnya. Sebagai rujukannya mari kita kembali pada keterangan sebuah hadits yang menyebutkan dalam shahih Muslim dari hadits Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa senin kamis, beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam menjawab : “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR.Muslim).

Tentunya berdasarkan keterangan tersebut terdapat pula manfaat puasa senin kamis yang senantiasa bisa di raih dengan paripurna oleh setiap muslim yang mengerjakannya. Makna dan keberkahan itu pula yang menjadi kelebihan yang terdapat pada amalan puasa senin dan kemis, apalagi jika melirik dari segi manfaatnya tersebut yang tidak hanya meningkatkan ketaqwaan dan menjalankan sunnat Nabi, Namun sangat baik pula untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Gambar Manfaat Puasa Senin Kamis

Bahkan terdapat keajaiban tersendiri dari pengamalan puasa senin dan kamis tersebut terutama bagi hajat wanita secara spiritual yang ingin melakukan cara diet terbaik menurut islam untuk merawat kecantikannya. Ataupun bagi kaum laki-laki yang ingin memikat wanita dengan melakukan tirakat serta faedah yang terdapat pada rahasia yang ada pada puasa hari senin dan kamis itu. Sekaligus memberikan jawaban akan pertanyaan apa manfaat, larangan serta pahala dari pelaksanaan kedua puasa sunnah tersebut.

Dalam hadits lain Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya : “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” Untuk itu memaknai akan anjuran dari di sunnahkannya puasa tersebut akan menjadi agenda penting mingguan bagi setiap individu muslim.

Ditinjau dari segi medis ternyata pada pelaksanaan puasa hari kamis itu terdapat 10 manfaat besar yang bis dirasakan dampak dari mendawamkan amalan tersebut diantaranya dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang, Melatih diri untuk berdisiplin, Dapat terhindar dari godaan syaitan, Dapat meningkatkan amalan, Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur terhadap nikmat yang telah di terima.

Berikutnya adalah berpengaruh besar pada kesehatan tubuh, Dalam hal ini banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa puasa baik bagi kesehatan seseorang. Puasa dapat membersihkan tubuh serta sebagai penyembuhan bagi berbagai penyakit. Saat berpuasa, sistem pencernaan kita dapat beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya dapat bekerja lebih baik dan berjalan normal.

Bahkan terdapat pula keutamaan puasa senin kamis lainnya seperti mudah mencapai kesuksesan, Mudah untuk mendapatkan jodoh, Mampu mengendalikan hawa nafsu, Mengencangkan kulit, Menurunkan tekanan darah tinggi, Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat meremajakan sel kulit. Sehingga akan begitu terasa besar manfaatnya jika bisa dilakukan dengan mengetahui bacaan niatnya berikut ini.

Keterangan Tentang Puasa Senin dan Kamis

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Artinya : “Dari ‘Aisyah -radhiallahu ‘anha- : bahwa Nabi -sholallahu ‘alaihi wasallam- sering melakukan puasa senin dan kamis”. (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Hikmah Puasa Senin Kamis
1. Kejiwaan Yang Stabil
Dari aspek kejiwaan, sosial serta kesehatan, berpuasa memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
Secara kejiwaan puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kuat di dalam diri. Inilah hikmah puasa yang paling utama.

2. Melatih untuk Terhindarkan diri dari dosa
Berdasarkan ”Segala sesuatu itu ada zakatnya,sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separo kesabaran”.(HR. Ibnu Majah). Dan dengan menghilangnya perangai buruk kita, minimal seminggu dua kali, maka bisa juga dikatakan bahwa ”Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara”.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.

3. Bisa Meningkatkan Amalan
Dengan puasa Senin Kamis, paling tidak, dalam dua kali seminggu, kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh.Sebuah penelitian yang membuktikan bahwa puasa malah meningkatkan daya pikir kita. Masih banyak lagi manfaat kesehatan dari puasa,misalnya puasa bisa menghindari atau mengurangi diabetes dan penyakit vascular seperti jantung.

Manfaat Puasa Senin Kamis
1. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang
2. Melatih diri untuk berdisiplin
3. Dapat terhindar dari godaan syaitan
4. Dapat meningkatkan amalan
5. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
6. Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh
7. Kunci Sukses mencapai cita-cita yang diinginkan
8. Sebagai Cara Mendapatkan Jodoh
9. Sebagai Cara Menahan Hafsu
10. Mengencangkan kulit
11. Menurunkan tekanan darah tinggi
12. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
13. Dapat meremajakan sel kulit

Keutamaan Puasa Senin Kamis
1. Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis
“Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim)

2. Di bukakannya Pintu “Ar-Rayyan Di Surga
Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

3. Diperlihatkannya Amal Pada Hari Senin dan Kamis
Amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT pada hari Senin dan hari Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jum’at. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari. Dikutip dari Tsa’alabi.

Hikmah manfaat puasa sunah senin kamis keutamaan menurut islam tentunya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi diri untuk lebih memahami akan manfaat puasa senin kamis sesuai yang ada pada kajian-kajian ilmu islam.