Kumpulan Tulisan Macam-Macam Bacaan Sholawat Nabi Yang Benar

Sholawat merupakan salah satu amalan yang sangat di anjurkan bagi setiap mukmin. Karena keberkahan dalam sholawat tersebut begitu besar dan akan kembali kepada orang yang membacanya, bahkan sholawat merupakan bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad S.A.W daru umatnya. Arti sholawat secara harfiyah merupakan rahmat, dimana rahmat tersebut senantiasa akan bisa di rasakan oleh orang yang sering membaca sholawat.

Ada jaminan pasti bagi seorang mukmin yang selalu memperbanyak bacaan sholawat , bahkan dalam sebuah keterangan menyebutkan ada sepuluh keutamaan ini disarikan dari Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah SAW yang pertama adalah Shalatul malikil ghaffar artinya rahmat dari Allah yang maha kuasa dan maha pengampun, Selanjutnya Syafa’atun nabiyyil mukhtar artinya syafaat Nabi Muhammad, nabi pilihan, Lalu Al-iqtida bil mala’ikatil abrar artinya mengikuti tradisi malaikat abrar.

Yang keempat adalah mukhalafatul munafiqin wal kuffar artinya membedakan diri dari orang munafik dan orang kafir yang kelima Mahwul khathaya wal awzar artinya penghapusan kesalahan dan dosa yang keenam Qadha’ul hawa’ij wal awthar artinyapemenuhan hajat dan harapan, Yang ke tujuh Tanwiruz zawahir wal asrar artinya penerangan lahir dan batin, Yang ke delapan An-najatu minan nar (keselamatan dari neraka yang ke sembilan Dukhulu daril qarar artinya masuk ke dalam surga dan terakhir Salamul azizil jabbar (salam dari Allah yang maha mulia dan kuasa)

Kumpulan Tulisan Macam-Macam Bacaan Sholawat Nabi Yang Benar

Bersholawat merupakan salah satu amalan yang sangat baik bahkan sangat gencar dilakukan bagi sebagia umat muslim, karena bersholawat kepada nabi berikut pada keluarganya itu adalah bagian penting dari keummatan seseorang, dalam pengertian jika seseorang ingin di akui sebagai umat Nabi Muhammad di kahirat kelak, maka perbanyaklah sholawat kepadanya dan kepada ahlul bait atau keluarga dan shahabat Nabi.

Sebab hakikatnya membacakan sholawat itu secara pemaknaan baik dari segi pahala maupun dari hikmah tersebut itu kembali pada orang yang membacakannya. Karena secara pengertian pula sholawat yang artinya rahmat ataupun kasih sayang itu senantiasa sangat dibutuhkan oleh setiap ummat. sedangkan Nabi sendiri merupakan manusai yang sudah penuh dengan nilai rahmat tersebut.

Sehingga semakin sering dan banyak kita bersholawat, maka di ibaratkan menyeduh air pada sebuah gelas yang sudah penuh, dan kita orang yang membacakan sholawat tersebut di ibaratkan yang mewadahi gelas tersebut, maka secara otomatis jika airnya penuh, maka akan kembali pada wadah itu. Begitu juga dengan sholawat terhadap Nabi yang sudah di jamin akan nilai-nilai daripada rahmat itu.

Dalam memakani keteranagn dan penjelasan ini, maka sangat wajar apabila para Ulama membuat rangkaian-rangkaian sholawat yang syarat akan makna nilai fujian dan hikmah tinggi bagi semua orang. seperti diantarnya sholawat nariyyah ataupun sholawat badar dan masih banyak sekali macam-macam sholawat itu. Sebab bersholawat juga tidak hanya di perintahkan kepada ummat manusia saja, akan tetapi para Malaikat pun senantiasa membacakan sholawat atas nabi sebagaimana yang telah di terangkan dalam Alquran.

Dan mengenai bacaan ataupun lapadz yang tertulis pada rangkaian sholawat tersebut memang tidaklah di tentukan asalkan didalamnya terdapat bahasa Sholla dan Salam yang artinya Rahmat juga keselamatan. Nah untuk lebih mengindahkan dan mengapresiasikan rasa cinta terhadap nabi maka ungkapan lapad sholla tersebut di tambahkan dengan bahasa-bahasa yang lebih indah supaya sholawat tidak hanya sebatas lantunan saja akan tetapi memiliki makna dan sarat yang begitu mendalam terhadap kecintaan atas Nabi, keluarganya berikut dengan para Shahabatnya.

Intinya membacakan sholawat atas Nabi itu memanglah sangat di anjurkan, sebagaimana yang dijelaskan dan diterangkan pada kitab-kitab yang mengkajinya. Sedangkan mengenai bacaaan sholawat itu sendiri terdapat bacaan sholawat yang memang sudah ada dan ke warid dari rasulnya, bahkan bisa di kategorikan sebagai paling sempurna di antara sholawat-sholawat lainnya. Dan yang di maksud dengan sholawat tersebut adalah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ
فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Latin: ” Allohumma Sholli ‘Ala Muhammadin Wa ‘ala Aali Muhammadin Kamaa Shollaita ‘Alaa Ibrohiima Wa ‘Alaa Alii Ibrohiima Wabaarik ‘Alaa Muhammadin Wa ‘Alaa Alii Muhammadin Kamaa Baarokta ‘Alaa Ibrohiima Wa ‘Alaa Aali Ibrohiima Fil’aalamiina Innaka Hamidummajiid”

Artinya: “Ya Allah , berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Kumpulan tulisan macam-macam bacaan sholawat nabi lengkap latin yang benar seperti nariyah, sholawat badar adalah bagian amalam terbaik da sangat dianjurkan seperti amalan dzikir bagi kita semua.