Keutamaan Doa Puasa Malam Nisfu Bulan Sya’ban dan Hukumnya

Setiap amal perbuatan seorang manusia tentu akan dihitung dan dminta pertanggunjawabkannya, sehingga nilai akhir dari semua amalan tersebut sqangatlah penting agar mendapat sebuah catatan yang sangat baik dan bagus sesuai dengan keinginan dan harapan seorang muslim pada umumnya. Hal inilah yang menjadi salah satu hal penting bahkan lebih daripada penting bagi seorang muslim saat menjelang malam nisfu Sya’ban.

Sebab pada malam nisfu sya’ban tersebut semua catatan amalan kita semua selama satu tahun dicata dan dilaporkan. untuk itulah orang menegrti akan makna dari adanya malam nisfu sya’ban sudah mempersiapkan diri untuk meraih yang terbaik di malam tersebut. Sebab terdapat beberapa keunggulan dan hikmah penting dari adanya malam nisfu sya’ban yang biasanya di isi dengan kegiatan berdzikir, membaca yasin berikut juga dengan amalan lainnya.

Tata cara pengisian malam nisfu sya’ban dengan amalan-amalan tersebut tentunya sangat berlandaskan sekali sesuai dengan keterangan hadits dan fatwa para ulama, agar jauh dengan apa yang dikatakan sebagai sesuatu yang bid’ah. Meskipun saat ini masih banyak orang yang beranggapan itu adalah perbuatan ataupun amalan yang tidak ada dari Rasulnya atau Bid’ah.

Keutamaan Doa Puasa Malam Nisfu Bulan Sya'ban dan Hukumnya

Namun perlu diketahui bahwa semua hal yang positif dan mempunyai nilai positif apalagi ini berisikan tentang amalan agama seperti dzikir, sholawat, istighfar dan lain sebagainya, tentu sangatlah di anjurkan sekali dan tidak ada kata bid’ah dalam hal ini. Sebab ada sebuah keterangan yang menyebutkan tentang fadhilah yang terdapat pada malam nisfu sya’ban tersebut yang rasanya sangat di sayangkan untuk di manfaatkan sebagai momen terbaik bagi seorang muslim.

Dalam Kitab Syu’abil Iman, lil Baihaqi, juz 5 halaman 360, hadits nomor 3552:

أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْمَنْصُوْرِيُّ النُّوْقَانِيُّ، بِهَا أَخْبَرَنَا أَبُوْ حَاتِمٍ مُحَمَّدُ بْنُ حَسَّانَ بْنِ أَحْمَدَ الْبُسْتِيُّ، نا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُعَافَى بِصَيْدَا، نا هِشَامُ بْنُ خَالِدٍ الْأَزْرَقُ، نا أَبُوْ خُلَيْدٍ وَهُوَ عُتْبَةُ بْنُ حَمَّادٍ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، وَابْنِ ثَوْبَانَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ يُخَامِرَ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ فِي اللَّيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ “

Artinya: “Dari Mu’adz bin Jabal, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:”Allah memperhatikan kepada semua mahkluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Makai Dia memberi ampunan kepada semua mahkluk-Nya, kecuali kepada orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Tentu dari adanya keterangan tersebut, sudah sepastutunya kita sebagai masayarkat awwam dan penuh dengan dosa untuk lebih peka dan bisa mengindahkannya sebagai sebuah anjuran yang sangat baik terhadap kita semua. Apalagi malam tersebut merupakan malam penutup bagi catatan amal kita semua selama satu tahun penuh. Itu artinya jika pada titik akhirnya baik, maka insya alloh semuanya juga akan baik pula.

Dan berikut sebagian ‘amaliah di malam Nisfu Sya’ban sesuai dengan amalan yang selalu dilakukan oleh para Ulama, dan rinciannya sebagai berikut. Dan mengenai doa dimalam nisfu sya’ban adalah sunnah Rasul saw, sebagaimana hadits2 berikut : Sabda Rasulullah saw : “Allah mengawasi dan memandang hamba hamba Nya di malam nisfu sya’ban, lalu mengampuni dosa dosa mereka semuanya kecuali musyrik dan orang yg pemarah pada sesama muslimin” (Shahih Ibn Hibban hadits no.5755)

Membaca surah yasiin sebanyak 3x sesudah sembahyang sunat ba’diah maghrib dengan Niat sebagai berikut:

1. Niat Yang Pertama
Bismillahirohmanirrohiim “Ya Allah Ya Tuhanku ampunilah segala Dosaku dan Dosa ibu bapaku dan Dosa keluargaku dan dosa jiranku dan Dosa muslimin dan muslimat, dan panjangkanlah umurku di dalam tha’at ibadat kepada engkau dan kuatkanlah imanku dengan berkat surat Yasiin”.

2. Niat Yang kedua
Bismillahirohmanirrohiim “Ya ALLAH YA TUHANKU ampunilah segala dosaku dan dosa ibu bapaku dan dosa keluargaku dan dosa jiranku dan dosa muslimin dan muslimat, dan peliharakanlah diriku dari segala kebinasaan dan penyakit, dan kabullanlah hajatku dengan berkat surat Yasiin”.

3. Niat Yang kedua
Bismillahirohmanirrohiim “YA ALLAH YA TUHANKU ampunilah segala dosaku dan dosa ibu bapaku dan dosa keluargaku dan dosa jiranku dan dosa muslimin dan muslimat, dan kayakanlah hatiku dari segala makhluk dan berilah aku dan kelurgaku dan jiranku HUSNUL KHATIMAH dengan berkat surat Yasiin”.

Keutamaan doa puasa malam nisfu bulan sya’ban sayyidul istighfar dan hukum peringatannya ini adalah bulan sya’ban 2018 jatuh pada tanggal adalah bagian penting untuk meningkatkan catatan akhir amalan kita. Semoga bermanfaat.