Jadwal Sholat Dan Adzan Seluruh Waktu Indonesia Hari Ini 2018

Tata cara pelaksanaan ibadah dalam islam memang sangat berkaitan erat dengan yang namanya waktu, termasuk diantaranya dalam melaksanakan ibadah sholat baik yang fardhu maupun yang sunat. Terlebih bagi yang sholat fardhu itu sudah ada ketentuannya dalam al quran tentang kapan waktu pelaksanaan sholat lima waktu tersebut, sebagaimana yang telah diterangkannya pada ayat إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا Artinya : “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. QS. An Nisa’ ayat 103.

Dari adanya keterangan dalil tersebut itu menunjukan bahwa setiap pengerjaan waktu sholat itu memiliki batasan waktu-waktu tertentu yang di setiap sehari semalamnya. Berkaitan dengan itu maka penting sekali untuk mengetahui kapan jadwal sholat yang tepat dalam pelaksanaannya sesuai dengan dasar hukum terutama dalam sholat fardhu. Sebab jika tidak sesuai dengan waktunya, maka ibadah tersebut hukumnya tidak syah.

Begitu pula dengan hal yang berkaitan langsung dengan penetapan dalil waktu sholat seperti salah satunya dari permasalahan yang timbul dari masyarakat awam, misalnya bagaimana cara mengetahui waktu sholat ketika berada di (luar negeri) daerah non muslim yang tidak ada adzan. dan pada kenyataannya masalah seperti ini sering di alami oleh mereka kaum muslim yang berada di wilayah mayoritas non muslim.

Gambar Jadwal Sholat

Sebagai jawabannya sebagaimana yang telah di telaah oleh para ulama berpendapat bahwapermasalahan seperti ini bisa dengan melihat matahari atau jadwal jam waktu shalat setempat. apalagi sekarang sudah banyak aplikasi (Android) yang berisi jadwal shalat se-dunia, misal Digital Falak, My Prayer (Shalaty) dan lainnya yang tentunya akan membantu mempermudah dalam mengetahui waktu sholat terutama sholat fardhu. Berikut dalil dan keterangan tentang waktu sholat yang di ambil dari kitab taqrib :

كتاب الصلاةالصلاة المفروضة خمس الظهر وأول وقتها زوال الشمس وآخره إذا صار ظل كل شيء مثله بعد ظل الزوال والعصر وأول وقتها الزيادة على ظل المثل وآخره في الاختيار إلى ظل المثلين وفي الجواز إلى غروب الشمس والمغرب ووقتها واحد وهو غروب الشمس وبمقدار مايؤذن ويتوضأ ويستر العورة ويقيم الصلاة ويصلي خمس ركعاتوالعشاء وأول وقتها إذا غاب الشفق الأحمر وآخره في الاختيار إلى ثلث الليل وفي الجواز إلى طلوع الفجر الثاني والصبح وأول وقتها طلوع الفجر الثاني وآخره في الاختيار إلى الأسفار وفي الجواز إلى طلوع الشمس.

Artinya : Sholat yang diwajibkan itu ada lima :
1. Sholat Dhuhur waktunya adalah permulaan waktu tergelincirnya matahari, akhir waktunya ketika bayang-bayang setiap benda menjadi seukuran benda itu setelah tergelincirnya matahari.
2. Sholat Ashar waktunya adalah bertambahnya bayang-bayang dari seukuran bayang-bayang benda, dan akhir waktunya dalam waktu ikhtiyar sampai bayang-bayang benda menjadi dua kali ukuran benda dan akhir waktu di dalam waktu jawaz sampai terbenamnya matahari.
3. Sholat Maghrib waktunya adalah satu yaitu terbenamnya matahari dan seukuran waktu adzan, wudlu’, menutup aurat, mendirikan sholat, dan sholat 5 rokaat.
4. Sholat Isya’ waktunya adalah ketika mega merah sirna/hilang, akhir waktu dalam waktu ikhtiyar sampai 1/3 malam, dan akhir waktu dalam waktu jawaz sampai terbitnya fajar kedua.
5. Sholat Subuh waktunya adalah permulaan waktunya terbitnya fajar kedua, akhir waktu dalam waktu ikhtiyar sampai remang-remang, dan akhir waktu dalam waktu jawaz sampai terbit matahari.

Dalil Sholat Mempunyai Waktu

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Latin “Innasholaata Kaanat ‘Alal Mukminiina Kitaabam Mauquuta”
Artinya : “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. QS. An Nisa’ ayat 103.

Ketetapan waktu sholat fardhu tersebut memang sangat berkaitan erat dengan tata pelaksanaannya yang dalam hal ini tergantung pada letak geografis sebuah tempat khususnya yang ada di indonesia ini. Dan tentunya ada perbedaan pula dari setiap waktu tersebut ada yang di tambahkan, di kurangi dan tidak juga kedua-duanya. Nah berikut jadwal lengkap waktu sholat yang berlaku untuk beberapa wilayah kota-kota besar di Indonesia.

Jadwal Sholat Hari Ini

Bacaan Lafadz Adzan Arab

(4x) اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
(2x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ
(2x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
(2x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
(2x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
(1x) اَللهُ اَكْبَر , اَللهُ اَكْبَر
(1x) لاَ إِلَهَ إِلاَّالله

Bacaan Lafadz Adzan Latin
Allaahu Akbar Allaahu Akbar. (2X)
Asyhadu an laa illaaha illallaah. (2X)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2X)
Hayya ‘alas-shalaah (2X)
Hayya ‘alal-falaah. (2X)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah (1x)

Artinya :
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah.
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.
Marilah Sembahyang (sholat).
Marilah menuju kepada kejayaan.
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
Tiada Tuhan selain Allah.

Adzan yang dikumandangkan saat akan sholat shubuh, maka tambahkan lafadz :

اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Latin “Ash-shalaatu khairum minan-nauum”
Artinya “ Sholat itu lebih baik dari pada tidur ” dan dibaca 2x setelah lafadz Hayya ‘alal-falaah

( حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ ).

Bacaan Iqomah
Berikut bacaan lafadz iqomah yang dibaca sesudah adzan dikumandangkan.

Bacaan Lafadz Iqomah Arab

اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ ، قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ
اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
لاَ إِلَهَ إِلاَّالله

Note : Bacaan iqomah hanya dibaca 1x saja

Bacaan Lafadz Iqomah Latin
Allaahu Akbar Allaahu Akbar (1x)
Asyhadu an laa illaaha illallaah (1x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (1x)
Hayya ‘alas-shalaah (1)
Hayya ‘alal-falaah (1)
Qad qaamatish-shalaah, Qad qaamatish-shalaah (1)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1)
Laa ilaaha illallaah (1)

Artinya :
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan melainkan Allah.
Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.
Marilah Sembahyang (sholat).
Marilah menuju kepada kejayaan.
Sesungguhnya sudah hampir mengerjakan sholat.
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
Tiada Tuhan melainkan Allah.

Keterangan mengenai jadwal sholat dan adzan seluruh waktu indonesia hari ini 2018 kabupaten tasikmalaya, bandung, surabaya, dki dan jadwal sholat hari ini termasuk juga dari jadwal imsakiyah. Yang tentunya berlaku dan berpengaruh pada peneteapan waktu sholat bagi kota-kota yang ada di sekitarnya. Untuk itu hadirnya jadwal lengkap sholat ini senantiasa bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi semuanya.