Hadits Tentang Amalan Doa Sayyidul Istighfar Sunnah Dan Artinya

Ada banyak amalan yang bisa di laksanakan pada setiap harinya bagi seroang muslim, terlebih jika melihat kelalaian diri dalam melaksanan apa yang di perintahkan dan menjauhi apa yang di larang oleh Agama. Maka sudah sepatutnya kita memohon diri dan ampunan kepada Alloh S.W.T. lewat berbagai macam amalan ibadah. Salah satu di antaranya adalah dengan memperbanyak amalan doa sayyidul istighfar.

Karena dengan seringnya kita mengingat akan kesalahan dan dosa yang telah diperbuat itu merupakan salah satu pintu untuk meeraih kesuksesan, terlebih lagi jika secara pengamalannya tersebut di sertai juga dengan melaksanakan hal-hala yang menjadi syaratnya taubat yang sangat di anjurkan itu. Sehingga begitu terasa dampak dan hikmah yang dirsakan oleh jiwa setelah melaksanakannya.

Dan hal inilah yang kiranya akan membuat daya ketahanan seorang muslim semakin kuat, terutama dalam menemukan jati diri seorang hamba yang sesungguhnya. dam salah satu cara terbaiknya itu dengan seringnya kita beristghfar dengan bacaan-bacaan yang sudah ada dan menjadi amalan sunnah Baginda Rasululloh S.A.W yaitu bacaan sayyidul istighfar atau dalam pengertian rajanya bacaan istighfar.

Hadits Tentang Amalan Doa Sayyidul Istighfar Sunnah Dan Artinya

Sebagaimana yang di terangkan dalam sebuah hadits Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam dalam hadist berikutnya :

ومن قالها من النهار موقنًا بها فمات من يومه قبل أن يمسي فهو من أهل الجنة ، ومن قالها من الليل وهو موقن بها فمات قبل أن يصبح فهو من أهل الجنة

Artinya: ”Siapa saja yang mengucapkan sayidul istihgfar pada siang hari dengan yakin, kemudian meninggal dunia sebelum datang waktu sore, niscaya dia termasuk ahli syurga. Dan Siapa saja yang membacanya di waktu malam dengan yakin, kemudian dia meninggal dunia sebelum datangnya pagi, niscaya dia termasuk ahli syurga ”.

Adapun lapadaz ataupun kalimah yang di maksud dengan sayyidul istighfar sebagaimana yang di terangkan dalam kitab Shahih Bukhori dengan redaksinya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.

Dan tentunya dengan pengamalan yang secara subyektif mampu kita kerjakan dari anjuran untuk memperbanyak mengucapkan kalimah sayyidul istighfar itu senantiasa bisa menemukan jati diri yang sesungguhnya. Dan ketahuilah sesungguhnya Alloh S.W.T sangat mencintai orang-orang yang banyak bertaubat dan orang-orang yang sering menyucikan diri. itu artinya jika ingin meraih predikat tersebut, maka senantiasa kita harus sering memperbanyak istighfar.

Dan perlu dikethaui bahwasannya secara pemaknaan arti daripada istighfar itu sendiri merupakan cara seseorang muslim dalam memohon ampunan dan petunjuka dari Alloh S.W.T. Yang dimana pada kalimah tersebut diambil dari asal kata ghofar yang artinya ampunan, sementara untuk lebih menjadikan lapadz tersebut lebih bermakna terhadap seseorang, maka digunakanlah lapadz istighfar yang artinya seraya memohon pengampunan dariNYA.

Hadits tentang amalan doa sayyidul istighfar sunnah dan artinya bisa difahami dengan sholat istikhoroh oleh penghulu istighfar latin dengan berformat istighfar mp3 istighfar pdf. Semoga bermanfaat dan bisa mengamalkanny.