Ucapan Kesembuhan Doa Untuk Mendoakan Menjenguk Orang Sakit

Teramat sangat di anjurkan bagi seorang muslim dengan yang lainnya untuk saling mendoakan dan saling menjenguk di kala sakit datang, karena itu setidaknya bisa mengurangi beban yang ada dan juga hadirnya jiwa sosial yang tinggi serta bentuk dari pada pengakuan dari adanya saling memberikan pertolongan satu sama lain, khususnya di saat masalah sakit mendera bagi salah satunya.

Sebab ada hak dan kewajiban bagi setiap pribadi muslim dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, terutama ketika seseeorang muslim membutuhkan bantuan akan uluran tangan kita seperti dalam keadaan sakit ataupun sedang tertimpa musibah yaitu menjenguk dan mendoakannya sesuai dengan anjuran agama. Sebab selain memberikan manfaat dan hikmah terbaik bagi yang dijenguknya tersebut, cara seperti ini merupakan bagian dari ajaran baginda Easululloh S.A.W.

Menjalankan hak dan kewajiban diantara sesama muslim seperti menjenguk dan membacakan doa bagi orang sakit, layaknya kewajiban yang harus diketahui bagi setiap muslim dalam kesehariannya seperti dari bacaan sholat ataupun yang lainnya. Dan itu adalah salah satu ciri bahwa kita semua umat muslim itu bersaudara, sehingga sudah menjadi kewajiban pasti apabila salah satu dari saudaranya itu sedang di berikan ujian ataupun musibah dengan datangnya sakit ataupun yang lainnya, untuk senantiasa memberikan kemudahan, keringanan serta kebahagiaan atas beban yang mereka alami dan pikul saat ini.

Bahkan salah satu keterangan menyebutkan bahwa ” Sesungguhnya pertolongan Alloh S.W.T akan senantiasa di berikan kepada hambanya, jika seorang hamba tersebut selalu memberikan pertolongan pada saudaranya”. Minimal untuk bisa meringankan bebannya tersebut adalah dengan mendoakannya agar cepat sembuh dari penyakit seperti sakit perut atau ibu yang sedang parah serta diberikan harapan dengan doa jenguk orang sakit, agar supaya cepat sembuh sesuai dengan apa yang telah diperintahkan dan di anjurkan oleh Agama.

Gambar Doa Untuk Orang Sakit

Hak yang berbuah kewajiban seperti menjenguk orang sakit ini termasuk pada diantara amalan yang harus di segerakan pelaksanaannya oleh setiap muslim karena ini menyangkut tentang keselamatan jiwanya, seperti harus di segerakannya mengurusi mayyit karena itu juga sangat penting sekali. Begitu juga dengan tata cara bagaimana yang harus dilakukan ketika menjenguk orang sakit itu dilakukan.

Alasan lain mengapa salah satu kewajiban menjenguk orang sakit itu harus segera dilakukan, sebab terdapat makna dan hikmah penting bagi orang yang menjenguknya, palin tidak dengan kehadiran orang yang menjenguknya tersebut bisa memberikan dampak positif untuk tetap semangat dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, sekaligus menjadi penawar dari kesedihan dan kepiluan yang dirasakannya.

Ucapan Bagi Orang Yang Sakit Dalam Islam
Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman
Memberikan ucapan orang sakit dengan doa ini yang Artinya “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya”.

“Syafakallah” ditujukan untuk seseorang laki-laki, dan “Syafakillah” ditujukan untuk seseorang perempuan As’alullahal adzim, rabbal arsyil adzim an yasyfiaka Arti doa ucapan untuk orang sakit ini berarti “Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, pemilik segalanya yang agung agar segera menyembuhkanmu”

Sebagaimana petunjuk Nabi Muhammad SAW “Tidaklah seorang Muslim mengunjungi Muslim lain yang sakit yang belum sekarat lalu dia mengucap ini (doa tersebut) sebanyak tujuh kali, melainkan Allah akan menyembuhkannya” (hadis riwayat at-Tarmidzi).

Bismillah Turbatu Ardlina Biriqoti Ba’dlina Yusyfa Saqimuna Bi’idzni Robbina Ucapan doa untuk orang sakit menurut Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, Artinya : “Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah.

” Allahuma Robbannas, Adz-hibil Ba’sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa’a Lilla Syifa’uka Syifaan La Yughadiru Saqoman Ucapan untuk orang sakit supaya cepat sembuh dengan doa tersebut Artinya : Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan semua penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang bisa menyembuhkan.

Tiada kesembuhan kecuali dari-Mu. Sembuh yang tidak di hinggapi oleh penyakit lagi. Asalullaha Adhi, robbal arsyil Adhim an-yasyfiyaka Artinya dari doa ucapan buat orang sakit tersebut: Aku mohon kepada Allah yang maha Agung. Tuhan yang mempunyai segalanya, semoga Allah menyembuhkan kamu.

Nah dalam hal ini keterangan sebuah hadits yang diriwayatkan dan diterima dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syifaaauka, Syifaa-ab Laa Yughadiru Saqomaa”

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Ucapan Menjenguk Orang Sakit
Jangan takut, jangan sedih, kami selalu menanti waktu untuk kesembuhanmu. Jangan lupa untuk makan teratur dan minum obat dari dokter dengan tepat waktu, karena demi kesembuhanmu.

Kami berharap kau segera lekas sembuh, teman. Rumah sakit bukanlah tempat untuk bermain. Beristirahatlah dengan baik hingga sembuh dan kembali bersama kami lagi.

Kami merindukan suara tawa dan candamu, kami membutuhkan senyumanmu yang bersinar seperti matahari, semoga lekas sembuh kawan. Dalam hidup ini, sakit dan sehat adalah situasi yang selalu datang silih berganti. Namun nikmat sehat sering kali selalu lebih banyak dibanding sakit.

Kuberdoa, semoga penyakitmu segera diangkat oleh Allah dan engkau selalu tabah dalam menjalani takdir dari Allah.

Tidak ada satupun orang yang menghendaki dirinya tertimpa penyakit, namun penyakit datang tanpa pandang bulu.

Aku turut sedih mendengar kau tertimpa penyakit, mudah-mudahan segera cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Kuberdoa kepada Allah, mudah-mudahan dokter bisa membantu menemukan obat buat kesembuhanmu.

Semoga engkau cepat sembuh dan bisa menjalankan kegiatan seperti biasanya. Sakit yang sedang engkau rasakan, aku memang tak bisa merasakan.

Namun, melihatmu terbaring tak berdaya di ranjang rumah sakit membuatku merasa sedih. Kuberharap semoga Allah memberikan ketabahan dan kekuatan kepdamu dan engkau cepat sembuh.

Ucapan kesembuhan doa untuk mendoakan menjenguk orang sakit ini adalah serangkaian harapan yang tertanam dari sebuah amalan doa untuk orang sakit sebagai amalan harian yang senantiasa bisa kita amalkan.