Doa Bacaan Mohon Agar Selamat Dunia Akhirat Lengkap Teks Latin

Hakikat dan tujuan dari pada pelaksanaan sebuah amalan ibadah ataupun tujuan hidup seorang muslim adalah sebuah keselamatan yang memang menjadi tujuan utamanya, Untuk itu di samping bisa melakukan anjuran dan kewajiban secara keilmuan juga itu mendapat pahala yang begitu luar bisa di balik tata cara pelaksnaannya itu. Terlebih tiada yang lebih paripurna selain bisa menjadikan amalan hidup ini adalah tujuan akhir dalam menggapai keselamatan dunia akhirat yang nantinya mampu menggapai keridhoan dari Allah S.W.T.

Meskipun secara hakikat itu adalah ketentuan yang sudah menjadi hak preogratifnya, Namun sebagai seorang hamab yang tentu sangat mengharapakan keridhoannya, maka sangat di anjurkan sekalai untuk bisa memanfaatkan arti hidup dan tujuannya ini sebagai ladang amal yang kelak nantinya bisa di ambil hasilnya agar tetap bisa istiqomah sesuai dengan apa yang sudah di perintahkan. Dan hal inilah yang di maksud dengan arti dari pada hakikat dan tujuan hidup seorang msulim yang beriman dan bertaqwa.

Adapun untuk masalah isi dan tujuan dari doa tersebut itu tergantung pada tujuannya masing-masing yang terpenting sesuai dengan perintah dan anjuran dari Agama. Seperti doa qunut misalnya itu juga merupakan salah satu bagian dari adanya sifat butuh yang sangat dan teramat dari seorang hamba terhadap sang kholiq. Karena tiada tujuan yang pasti dalam hidup ini melainkan ingin selamat dunia dan akhirat.

Untuk itu di samping kita semua menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang di laranganYa itu, penting juga untuk bertawajuh memohon dan memanjatkan doa dengan penuh rasa ikhlas dan tentunya penuh dengan khidmah dengan tujuan untuk meraih mardhotillah ataupun keridhoan dari Alloh S.W.T. dan dari doa selamat inilah salah satu ciri terbaik bagi seorang mukmin untuk meraih keselamatan dan keridhoan tersebut.

Gambar Doa Selamat

Adapun isi dan tujuan doa-doa selamat yang di maksud itu pemaknaan memang sangatlah luas, akan tetapi jika melirik pada pengertian secara khusus itu terdapat sebuah amalan doa yang menjadi salah satu sunnah Rasul untuk senantiasa di amalkan oleh setiap ummatnya. Karena itu juga merupakan ciri daripada tata cara berdoa kepada Alloh S.W.T yang terwujudkan dari adanya doa selamat tersebut.

Sebagaimana Imam Al-Ghozaly berkata “Apakah faedah doa sementara ketentuan Allah tiada dapat tertolak? Ketahuilah sesungguhnya sebagian dari ketentuan Allah dapat tertolak petakanya akibat doa, maka berarti doa sebagai sebab atas tertolaknya petaka disamping dapat menumbuhkan rasa kasih sayang (ketegaran) sebagaimana benih menjadi sebab tumbuhnya tanaman-tanaman dibumi dan sebagaimana perisai dapat mencegah tembusnya anak panah.

Dan untuk bisa menjawbarkan sekaligus memaknai arti daripada ucapan yang di utarakan oleh Imam Alghozali tersebut adalah kita semua senantiasa tetap menjaga nilai-nilai syariat yang di jalankan dengan tujuan untuk sampai kepada hakikat. Dan salah satunya adalah dengan senantiasa meminta keselamatan dunia dan akhirat yang terangkum pada intisari dari doa selamat sebagai berikut salah satunya.

Doa Selamat Dunia Akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI
ALLOOHUMMA HAWWIN ‘ALAINAA FII SAKARAATIL MAUTI WANNAJAATA MINAN NAARI WAL ‘AFWA ‘INDAL HISAABI
RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA’DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB
RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya: ” Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Doa Selamat Dunia Akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YA WAL AAKAHIROTI
Artinya: Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat

Serangkaian doa bacaan mohon agar selamat dunia akhirat lengkap teks latin merupakan bagian terpenting untuk lebih memaknai hidup dengan dan melalui keberkahan yang mengalir pada doa selamat sesuai dengan yang dianjurkan sunnah.