Doa Sebelum Sesudah dan Setelah Wudhu Yang Shahih Benar

Ada etika suci dalam semua bentuuk ibadah dalam Islam termasuk etika dan sunnah ketika seorang selesai melaksanakan Wudhu. meskipun pangkatnya sunat akan tetapi itu di anjurkan untuk di laksanakan, Karena dalam setiap doa itu terdapat keberkahan yang sangat luar biasa, bahkan doa merupakan senjata bagi setiap umat Islam, Sehingga sangat di anjurkan untuk setiap amal ibadah itu di sertai dengan do’anya pula.

Termasuk ketika doa setelah wudhu, Dimana ada kaifiat atau hal-hal yang mestinya di ketahui dan di kaji terlebih dahulu agar senantiasa mendapat fadhilah atau keunggulan yang di miliki dalam setiap amalan ibadah tersebut. Bahkan ada manfaat tersendiri bagi mereka yang selalu mengutamakan wudhu sebagai bagian penting dalam mengawali semua aktifitasnya. tidak hanya sehat secar medis, orang yang rajin wudhu senatiasa wajahbnya itu bersinar.

Sangat baik dan tentunya di anjurkan sekali dalam setiap mengerjakan sebuah amalan baik sebelum dan sesudahnya itu untuk senantiasa di awali dan di lanjutkan dengan berdoa. Termasuk ketika sesudah melaksanakan berwudhu, dimana sesudahnya itu terdapat keutamaan dan keunggulan dari kalimat doa yang di ucapkannya yaitu doa sebelum dan sesudah melaksanakan wudhu.

Doa Sebelum Sesudah dan Setelah Wudhu Yang Shahih Benar

Dan tentunya ini menjadi kesempatan terbaik bagi kita semua yang selalu menjadikan doa wudhu sebagai bagian penting dalam aktivitas sehari-hari terutama saat akan melaksanakan kewajiban seperti sholat dan membaca alquran. Meskipun pada hakikatnya wudhu itu tidak di asumsikan untuk hal yang wajib saja, akan tetapi terdapat anjuran dan keunggulan bahkan keistimewaan bagi orang yang selalu mendawamkan wudhu.

Apalagi jika tahu dan bisa mengamalkan setiap doa yang ada pada aktivitas berwudhu itu mulai dari sunnat-sunnat nya sampai dengan perkara yang wajib sampai dengan selesai tartib. Tentu itu jauh lebih bermanfaat dan memberikan hikmah tersendiri bagi yang melaksanakannya. Karena yaqinilah setiap amalan yang di anjurkan baik wajib maupun di sunnatkan itu mengandung hikmah dan rahasia tersendiri.

Sementara untuk lebih menyempurnakan setiap amalan tersebut agar bisa mendapat nilai lebih adalah dengan konsistensinya terhadap wudhu, dalam artian setiap amalan yang akan kita lakukan itu selalu di awali dengan berwudhu ataupun dalam keadaan wudhu. Sebab jaminan pasti sudah menanti bagi orang yang mendawankan wudhu itu kelak di kahirat nanti termasuk dari pelaksanaan berdoa setelah wudhu.

Salah satu dalil dan keterangan yang menjelaskan terhadap keunggulan dan keistimewaan bagi orang yang mendawamkan wudhu berikut dengan doa nya adalah diperkenankannya untuk memasuki Surga dari pintu manapun yang dikehendakinya. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam sebuah hadits:

قال صلى الله عليه و سلم: من توضأ فقال : أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له ، و أشهد أن محمدا عبده و رسوله الا فتخت له أبواب الجنة الثمانية يدخل من أيها شاء. رواه مسلم

Artinya: “Tiada seorangpun dari engkau semua yang berwudhu’ lalu ia menyampaikan yakni menyempurnakan wudhu’nya, kemudian mengucapkan:

أَشْهدُ أَنْ لا إِله إِلاَّ اللَّه وحْدَه لا شَريكَ لهُ، وأَشْهدُ أَنَّ مُحمَّدً عبْدُهُ وَرسُولُه

Artinya: “melainkan dibukakanlah untuknya pintu syurga yang delapan buah banyaknya. la diperbolehkan masuk dari pintu manapun juga yang dikehendaki olehnya.” (HR. Muslim). Dan masih banyak lagi yang lainnya”.

Dari adanya keterangan tersebut tentunya bisa menjadi dalil yang kuat bagi kita untuk senantiasa melaksakan anjuran tersebut, agar jaminan yang telah di janjikan tersebut bisa di raih dengan sempurna oleh kita semua. Yang tentunya di dasari dengan pengamalan yang ikhlas serta hanya mengharapkan agar senantiasa keberkahan yang ada pada setiap wudhu tersebut bisa terpancarkan dalam diri kita semua. Dan berikut doa setelah wudhu yang di maksud.

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj’alnî minat tawwâbîna waj’alnii minal mutathahhirîna.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).” (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)

Doa sebelum sesudah dan setelah wudhu yang shahih benar serta niat juga tayamum bahkan doa sesudah adzan latin bisa menjadi amalan terbaik bagi kita setelah wudhu dilaksanakan. Semoga Bermanfaat.