Bacaan Doa Doa Wudhu Yang Benar Islam Lengkap Beserta Latinnya

Sebelum menjalankan amalan berwudhu ada baiknya untuk mengetahui perkara-perkara yang termasuk pada bagian wudhu itu sendiri meskipun pangkat dan hukumnya sunat. Seperti salah satu nya dengan melaksanakan setiap amalan wudhu itu yang di barengi dengan doa-doanya agar terkesan lebih sempurna, baik secara tata pelaksanaan maupun dari segi pahala dan amalan yang dikerjakannya tersebut.

Ibarat hal yang bisa menyempurnakan sebuah perkara itulah bagian penting di balik dari pelaksanaan doa doa wudhu tersebut, sehingga bukan hanya perkara yang wajib saja yang bisa dilaksanakan akan tetapi secara penyempurnaannya itu bisa di lakukan secara maksimal. Dan makna inilah yang sesungguhnya bisa lebih di dapatkan sekaligus di manfaatkan sbagai salah satu hal yang jauh lebih bermanfaat sebelum melaksanakan ibadah berwudhu.

Karena keindahan dan keistimewaan p pada ajaran islam dalam melaksanakan semua amalan ibadah tersebut adalah terdapat nilai plus yang menjadi penyempurna dari hal yang bersifat wajib. Seperti yang ada dari setaip sunah-sunnah wudhu itu sendiri, baik yang dikerjakan nya itu sebelum wudhu maupun yang dikerjakannnya itu sesudah wudhu. Dan memang keduanya adalah bagian terpenting sekaligus penyempurna dari wudhu itu sendiri.

Bacaan Doa Doa Wudhu Yang Benar Islam Lengkap Beserta Latinnya

Jadi bukan hanya soal pelaksanaan perkara wajib saja, namun di balik pengamalan yang wajib seperti wudhu ini yang memang menjadi sebuah syarat syah untuk pelaksanaan ibadah lainnya seperti sholat ini. Dan doa-doa wudhu ini merupakan satu amalan terbaik yang sangat di anjurkan oleh Baginda Rasululloh yang sennatias dikerjakan dan di amalkan oleh setiap umat-umatnya.

Lebih jelas lagi di terangkan oleh beberapa Ulama ahli fiqih yang menjelaskan tentang bagaimana dalam mengerjakannya. Yang pastinya pula setiap pengamalan dari sunah-sunah wudhu itu terdapat pula hikmah serta keunggulan yang bisa didapatkan bagi orang yang melaksanakanya. Untuk itu sangat wajar apabila amalan sunnah wudhu tersebut sangat di anjurkan sekali untuk bisa dilaksanakannya.

Sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Ghozali pada keterangan tentang doa-doa yang diucapkan saat wudhu yang disebutkan dalam kitab Nihayatuz Zain halaman 23. Dimana pada penjelasannya itu terdapat doa-doa sunnat wudhu di mulai dari membasuh tangan, berkumur, dan yang lainnya. Semua amalan tersebut merupakan salah satu tata cara terbaik dari bagaimana kita semua bisa melaksanakannya. Seperti yang tercantum dibawah ini.

Do’a membasuh telapak tangan

أللهم احفظ يدى من معصيك كلها

Allohummahfidz Yadii Min Ma a’syika Kulliha

Do’a Kumur-kumur

أللهم اعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك أللهم اسقني من حوض نبيك صلى الله عليه وسلم كأسا لا أظمأ بعدها أبد

Allohumma a’inni ‘Ala Dzikrika wa Syukrika wahusni ‘Ibadatika Allohumma asqini min haudhi Nabiyyika Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam Ka,san la adzma,an ba’daha abadan.

Do’a Istinsyaq/menghirup air kehidung

أللهم ارحني رائحة الجنة أللهم لاتحرمني رائحة نعيمك وجناتك

Allohumma Arihni Roihatal Jannati Allohumma laa tahrimni Roihata Na’imaka wajanatika

Do’a membasuh Wajah

أللهم بيض وجهي يوم تبيض وجوه وتسود وجوه

Allohumma Bayyidh wajhi yauma tabyaddhu wujuhun wataswaddu wujuhun

Do’a membasuh Tangan kanan

أللهم اعطني كتابي بيميني وحاسبني حساب يسيرا

Allohumma A’thini kitabi biyamini wa hasibni hisaban yasiro

Do’a membasuh tangan Kiri

أللهم لاتعطني كتابي بشمالي ولامن وراء ظهري

Allohumma Laa Ta’thini Kitabi bisyimali walaa min waro,i dzohri

Do’a membasuh bagian kepala

أللهم حرم شعرى وبشرى على النار وأظلني تحت ظل عرشك يوم لاظل إلا ظلك

Allohumma harrim sya’ri wabasyari ‘Alannari wa adzilni tahta Dzillz ‘Arsyika yauma laa dzilla illaa Dzilaluka.

Do’a membasuh dua Telinga

أللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه

Allohummaj ‘Alni minalladzina yastami’unal Qoula fayattabi’una ahsanahu

Do’a membasuh dua kaki

أللهم ثبت قدمي على صراط يوم تزل الاقدم

Allohumma Tsabbit Qodami ‘Alaa Syirothika yauma tazillul Aqdam

Do’a setelah selesai Wudhu’

أشهد ان لااله الا الله وحده لاشريك له ، وأشهد ان محمد عبده ورسوله

Asyhadu Anlaa ilaha Illalloh , Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rosuluhu.

Bacaan doa doa wudhu yang benar islam lengkap beserta latinnya ataupun download bacaan wudhu mp3 begitu juga dengan doa wudhu lengkap pdf dan doa sesudah adzan adalah bagian penyempurna dari aktivitas berwudhu. Semoga Bermanfaat.