Amalan Doa Sholawat Bulan Rajab Menurut Al qur’an dan Keistimewaannya

Berdoa merupakan sebuah amalan penting bagi setiap umat muslim dalam menjalankan smeua aktivitas nya, bahwa menurut keterangan menyebutkan bahwa doa adalah senjatanya orang islam, secara pengertiannya adalah kita semua sebagai manusia yang lemah dan tentunya sangat membutuhkan dan bimbingan serta petunjuk dari Alloh S.W.T, untuk itulah dengan seringnya kita berdoa itu menunjukan begitu sangat membutuhkan rahmat juga petunjuk dariNya.

Bahkan bisa dikatakan berdoa adalah aktivitas wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap individu muslim, hal ini tentunya berdasarkan keterangan dalil alquran dan al hadits begitu juga qaul ulama yang menerangkan akan penting dan wajibnya berdoa, terutama di waktu-waktu tertentu seperti doa bulan rajab misalnya sebagaimana yang banyak di jelaskan pada redaksi-redaksi kitab kajian Islam.

Makanya dalam pelaksanaan tata cara berdoa bago setiap muslim itu harus mengetahui pula keutamaan dan keistimewaan berdoa pada waktu dan tempat yang sudah di tentukan ataupun bisa dikatakan sebagai saatul ijabah dan maqom ijabah artinya waktu dan tempat di kabulkannya berdoa. meskipun secara hakikatnya berdoa kapan saja dan dimana saja itu diperbolehkan, namun alangkah lebih baiknya diamalkan di waktu dan tempat tertentu sesuai dengan anjuran agama.

Amalan Doa Sholawat Bulan Rajab Menurut Al qur'an dan Keistimewaannya

Adapun amalan doa apa saja yang sebaiknya dilakuakn oleh setiap umat uslim di bulan rajab tersebut? Berikut penjelasan menurut menurut Syekh Nadzim alHaqqaany diantaranya shalawat nabi semampumu bisa dari hitungan 100, 1000 hingga 10.000 kali, membacakan kalimat tauhid ‘LAA ILAAHA ILLA ALLAAH bisa dari hitungan 100, 1000 hingga 10.000 kali, membaca surat al-Ikhlas bisa dari hitungan 100 hingga 1000 kali.

Begitu juga dengan membaca ayat Kursi 40 kali, membacakan isim Jalaalah ‘ALLAAH’ 5000 hingga 10.000 kali dengan lisan dan hati. Sementara bagi yang masih memiliki tanggungan qadha sholat, segera selesaikan hutangnya, bagi yang masih memiliki tanggungan qadha puasa, segera selesaikan hutangnya serta bagi yang berkenan menjalani sholat dan puasa dengan dihadiahkan untuk orang lain, maka lakukan.

Namun apabila tidak tahu nama seseorang yang ingin dihadiahi niatkan untuk hadiah sholat/puasa kepada umat nabi Muhammad, berikan pahalanya untuk mereka. Juga bagi yang mampu sedekah, maka jalanilah seampunya, Allah akan melipat gandakan dengan berlipat-lipat. Semua amalan ini tentunya berdasarkan keterangan dalil yang akurat sehingga tidak perlu lagi untuk mengamalkannya.

Dan Dalam Kitab Syu’abil Iman, lil Hafizh Al Baihaqi, juz 5 halaman 348, hadits nomor 3534 disebutkan :

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْمُؤَمَّلِ، حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الشَّعْرَانِيُّ، حَدَّثَنَا الْقَوَارِيرِيُّ، حَدَّثَنَا زَائِدَةُ، حَدَّثَنَا زِيَادٌ النُّمَيْرِيُّ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: ” اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ “

Dari Anas, berkata : Adalah Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika masuk bulan Rojab beliau berdoa : ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FII ROJAB WA SYA’BAAN WA BALLIGHNAA ROMADHOON. “Ya Allah, berkahilah kami didalam bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan”.

Amalan doa bacaan shalawat bulan rajab menurut al qur’an dan keistimewaannya lengkap begitu juga dengan amalan bulan rajab sya’ban ramadhan adalah salah satu amalan terbaik bagi kita, semoga bisa mengamlkannya.